ABSTRAK

Motivasi belajar peserta didik yang kurang akan sangat menganggu proses belajar. Berdasarkan survei awal didapatkan 6 dari 10 anak memiliki motivasi sedang, sedangkan 4 lainnya memiliki motivasi rendah, sehingga penelitian ini dapat mengetahui keberadaan senam latih otak (brain gym) terhadap motivasi belajar siswi kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Desain dengan menggunakan one group pretest posttest design. Variabel independen yaitu brain gym dan variabel dependen motivasi belajar menggunakan observasi kuisioner motivasi belajar. Populasi siswi kelas XI MA Ruhul Amin sebanyak 24 siswi sampel menggunakan total sampling sehingga 24 siswi menjadi responden. Uji yang digunakan uji wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian sebelum diberikan brain gym sebagian besar memiliki motivasi tinggi (79,2%), setelah diberikan brain gym hampir seluruhnya siswi memiliki tingkat motivasi tinggi (87,5% Hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z = -4,259 dan p = 0,000 maka H, diterima yang artinya ada pengaruh senam latih otak (brain gym) terhadap motivasi belajar siswi kelas XI MA Ruhul Amin Yayasan SPMAA Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Melihat hasil penelitian ini bahwa setelah diberikan brain gym maka motivasi belajar akan meningkat, sehingga dibutuhkan bagi para akademis dan digunakan untuk memanfaatkan brain gym sebagai cara meningkatkan motivasi belajar. digunakan adalah pra-eksperimental desain

Kata Kunci: motivasi belajar, Brain Gym

Related posts

Leave a Comment